Sumber Gambar : pintaria.com |
Di masa New Normal seperti sekarang, bannyak sekali perusahaan dan kantor-kantor yang menerapkan sistem seleksi atau wawancara melalui dunia maya. Hal ini tentu saja menjadi sebuah hal yang cukup baru bagi kebanyakan orang termasuk para lulusan baru atau yang biasa dikenal denga fresh graduate yang baru ingin sedang mencari lowongan pekerjaan.
Karena merupakan hal yang cukup baru, wawancara kerja secara
online terlihat cukup menakutkan bagi banyak orang.
Agar membantu kalian lolos wawancara kerja online, berikut ini adalah 5 tips yang perlu kamu lakukan. Simak artikel ini sampai selesai ya.
1. Perhatikan Busana Yang Akan Dikenakan
Sumber Gambar : happinest.id |
Hal paling mendasar yang perlu kamu perhatikan disaat sedang
wawancara kerja online adalah dengan memperhatikan penampilanmu.
Ini merupakan salah satu poin yang penting karena menjadi
impresi atau kesan awal yang akan kamu tunjukan pada para rekruter perusahaan
yang kamu lamar.
Busana yang perlu kamu gunakan adalah busana yang simple,
rapi, sopan, serta tidak terlalu banyak pola. Hal ini dikarenakan ada beberapa
pola baju yang tampilannya cukup mendistraksi dan sedikit mengganggu.
Selain itu, kamu juga harus memperhatikan warna baju yang
tidak bentrok dengan warna dinding ruangan agar tampilan lebih match dan tidak
mendistraksi.
Untuk para pria, disarankan menggunakan kemeja rapih dengan
dasi yang memiliki motif polos.
2. Memperhatikan Make Up dan Gaya Rambut
Sumber Gambar : kerjausaha.com |
Setelah memperhatikan busana yang digunakan, kamu juga perlu
memperhatikan make up yang digunakan serta tatanan rambut yang rapi.
Dengan menggunakan make up yang tidak terlalu menor, kamu akan membuat wajah terlihat
lebih flat dan stand out di depan kamera.
Untuk masalah tatanan rambut, kamu harus memperhatikan
penataan yang tidak terlalu menonjol serta terlihat rapi. Untuk kaum hawa,
usahakan untuk menggunakan aksesoris rambut yang sesimple mungkin serta senada
dengan busana yang digunakan.
Sedangkan untuk kaum pria, sebaiknya gunakan minyak atau gel
rambut agar rambut terlihat rebih rapi.
3. Pastikan Koneksi Internet Stabil
Sumber Gambar : nurul stories |
Setelah memperhatikan aspek penampilan, tips berikutnya agar
lolos wawancara online yang juga merupakan hal yang fundamental adalah dengan
memastikan koneksi internet kamu.
Ini merupakan hal teknis yang cukup berpengaruh terhadap
wawancara online. Karena jika internet tidak stabil, akan ada kemungkinan untuk
proses wawancara mandet di tengah jalan.
Pastinya kamu tidak mau hal ini sampai terjadi bukan?
4. Paham Mengenai Informasi Dasar Perusahaan Yang Kamu Lamar
Sumber Gambar : kompas.com |
Berikutnya, kamu harus memiliki pengetahuan dasar mengenai
perusahaan yang kamu lamar serta jobdesk kamu di perusahaan tersebut.
Ada 3 hal yang menjadi penilaian utama selama proses
wawancara kerja. Yaitu kompetensi, penampilan, serta seberapa cocok pelamar
dengan budaya dan sistem yang berlaku di kantor mereka.
Dengan memiliki pengetahuan dasar perusahaan, kamu sudah
memiliki 1 poin yang menjamin kamu lolos dalam seleksi tersebut.
5. Mengetahui Jenis Pertanyaan Yang Paling sering Diajukan
Sumber Gambar : jadikaryawan.com |
Berdasarkan beberapa sumber, ada 2 jenis pertanyaan yang
umumnya muncul dalam wawancara kerja,
baik itu online maupun offline. Yaitu traditional questions dan behavioural
questions.
Pertanyaan yang bersifat tradisional umumnya merupakan
pertanyaan biasa yang dapat kamu jawab tanpa perlu banyak berpikir. Pertanyaan
ini biasanya bergunna sebagai jembatan untuk masuk ke pertanyaan yang cukup
berpengaruh terhadap penilaian.
Yang kedua adalah pertanyaan personal atau Behavioural
Question. Jenis ini merupakan pertanyaan yang biasanya diberikan untuk menilai
seberapa cocok dirimu untuk masuk kedalam perusahaan yang kamu lamar.
Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, kamu harus pintar dalam mengaitkan kepribadianmu dengan visi misi dari perusahaan yang kamu lamar serta alasan mengapa mereka harus menerimamu sebagai pegawainya.
Itulah 5
Tips yang harus kamu ketahui untuk lolos wawancara kerja online. Semoga
bermanfaat.